Oleh : Nur Lailatul Badriah
DATA BUKU
Judul Buku : Psikologi
Pendidikan dengan pendekatan Baru
No. ISBN : 979-514-672-6
Penulis : muhibbin
Syah
Penerbit : PT REMAJA
ROSDAKARYA
Tahu Terbit : 2008
Kota Terbit : Bandung
Jumlah Hlm : 267 hlm
Harga Buku : Rp.50.000
Isi Resensi
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya. Dalam hal ini diperlukan adanya pendidik yang
professional Pendidikan merupakan konsep ideal, sedangkan pengajaran adalah
konsep oprasional, dan keduanya berhubungan erat yang tidak mungkin untuk
dipisahkan.
Perkembangan pada asasnya adalah tahapan perubahanpsikofisik manusia
ang progresif sejak akhir hingga akhir hayat. Faktor-faktor yang memperngaruhi
perkembangan adalah aliran nativisme, aliran empirisme, aliran konvergensi.
Belajar adalah tahapan perubahan perilaku siswa yang relative positif dan
menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses
kognitif.
Fase belajar menurut bruner yaitu informasi, tranformasi, dan
evaluasi. Cirri khas perubahan dalam belajar meliputi perubahan-perubahan yang
bersifat 1) internasional 2) positif dan aktif 3) efektif dan funsional.
Evaluasi adalah oenilaian terhadap keberhasilan siswa yang bertujuan untuk
mengetahui tingkat kemajuanyang telah dicapai siswa dan berfungsi untuk
menentukan posisi siswa dalam kelompoknya.
Pandangan mengajar sebagai ilmu adalah hanya menekankan pada
pentingnya penguasaan guru atas berbagai pengetahuan, sedangkan mengajar
sebagai seni yaitu menganggap bakat keguruan lebih penting daripada
pengetahuan.
Kelebihan Buku :
Buku ini pada setiap babnya
menjelaskan secara rinci sub-subnya
Kekurangan Buku :
Bahasa yang digunakan pada buku ini
terlalu banyak kata2 asing dan susah dipahami oleh pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar