Senin, 08 April 2019

RESENSI BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN BARU

RESENSI BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN BARU
Oleh : Nur Lailatul Badriah
            DATA BUKU
Judul Buku      : Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru
No. ISBN        : 979-514-672-6
Penulis             : muhibbin Syah
Penerbit           : PT REMAJA ROSDAKARYA
Tahu Terbit      : 2008
Kota Terbit      : Bandung
Jumlah Hlm     : 267 hlm
Harga Buku     : Rp.50.000


Isi Resensi
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Dalam hal ini diperlukan adanya pendidik yang professional Pendidikan merupakan konsep ideal, sedangkan pengajaran adalah konsep oprasional, dan keduanya berhubungan erat yang tidak mungkin untuk dipisahkan.
Perkembangan pada asasnya adalah tahapan perubahanpsikofisik manusia ang progresif sejak akhir hingga akhir hayat. Faktor-faktor yang memperngaruhi perkembangan adalah aliran nativisme, aliran empirisme, aliran konvergensi. Belajar adalah tahapan perubahan perilaku siswa yang relative positif dan menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
Fase belajar menurut bruner yaitu informasi, tranformasi, dan evaluasi. Cirri khas perubahan dalam belajar meliputi perubahan-perubahan yang bersifat 1) internasional 2) positif dan aktif 3) efektif dan funsional. Evaluasi adalah oenilaian terhadap keberhasilan siswa yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemajuanyang telah dicapai siswa dan berfungsi untuk menentukan posisi siswa dalam kelompoknya.
Pandangan mengajar sebagai ilmu adalah hanya menekankan pada pentingnya penguasaan guru atas berbagai pengetahuan, sedangkan mengajar sebagai seni yaitu menganggap bakat keguruan lebih penting daripada pengetahuan.
Kelebihan Buku :
Buku ini pada setiap babnya menjelaskan secara rinci sub-subnya
Kekurangan Buku :

Bahasa yang digunakan pada buku ini terlalu banyak kata2 asing dan susah dipahami oleh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran                P emanfaatan TIK dalam pendidikan menjadi 4...

s
g
o
l
B
n
o
i
t
a
c
u
d
E